Definisi, Klasifikasi, Prospek, dan Software Pembuat Games

Rabu, 19 Maret 2014

Definisi, Klasifikasi, Prospek, dan Software Pembuat Games

A. DEFINISI

Permainan merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok). (wikipedia)

Video game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.


B. KLASIFIKASI

BERDASARKAN JENIS PLATFORM

1. Arcade games, yaitu yang sering disebut ding-dong di Indonesia.
2. PC Games , yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.
3. Console games, yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2.
4. Handheld games, yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP.
5. Mobile games, yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.

BERDASARKAN “GENRE” PERMAINANNYA :

1. Aksi – Shooting
a. First person shooting (FPS) seperti Counter Strike dan Call of Duty
b. Drive n’ shoot, menggunakan unsur simulasi kendaraan tetapi tetap dengan tujuan utama menembak dan menghancurkan lawan, contoh : Spy Hunter, Rock and Roll Racing, Road Rash.
c. Shoot em’ up, seperti Raiden, 1942, dan gradius.
d. Beat ‘em up (tonjok hajar) seperti Double Dragon dan Final Fight, lalu hack and slash (tusuk tebas) seperti Shinobi dan Legend of Kage.
e. Light gun shooting, yang menggunakan alat yang umumnya berbentuk seperti senjata, seperti Virtua Cop dan Time Crisis.

2. Fighting ( pertarungan ) Ada yang mengelompokan video game fighting di bagian Aksi, Dan berbeda seperti game Aksi pada umumnya yang umumnya hanya melawan Artificial Intellegence, pemain jenis fighting game ini baru teruji kemampuan sesungguhnya dengan melawan pemain lainnya. Seri Street Fighter, Tekken, Mortal Kombat, Soul Calibur dan King of Fighter adalah contohnya.

3. Aksi – Petualangan. Memasuki gua bawah tanah, melompati bebatuan di antara lahar, bergelayutan dari pohon satu ke pohon lain seperti: Tomb Rider, Grand Theft Auto dan Prince of Persia termasuk didalamnya.

4. Petualangan. Video Game murni petualangan lebih menekankan pada jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki, Termasuk didalamnya:
a. Petualangan dengan teks atau sistem tunjuk dan klik
b.Novel atau film interaktif

5. Simulasi, Konstruksi dan manajemen. Video Game jenis ini seringkali menggambarkan dunia di dalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil berbagai faktor. Contoh: Sim City, The Sims, Tamagotchi.

6. Role Playing. Video game jenis ini sesuai dengan terjemahannya, bermain peran, memiliki penekanan pada tokoh/peran perwakilan pemain di dalam permainan, seperti Ultima, Never Winter Nights, baldurs gate, Elder Scroll, dan Fallout.

7. Strategi. Kebalikan dari video game jenis action yang berjalan cepat dan perlu refleks secepat kilat, video game jenis strategi, layaknya bermain catur, justru lebih memerlukan keahlian berpikir dan memutuskan setiap gerakan secara hati-hati dan terencana.Game jenis ini terbagi atas:
a. Real time Strategy, Contoh: Starcraft, Warcraft , dan Command and Conquer.
b. Turn based Strategy , game yang berjalan secara bergiliran contoh: Final Fantasy tactics.

8. Puzzle. contoh: Tetris, Minesweeper, Bejeweled, Sokoban dan Bomberman.

9. Simulasi kendaraan. Video Game jenis ini memberikan pengalaman atau interaktifitas sedekat mungkin dengan kendaraan yang aslinya. Contoh : Apache 64, Comanche, Abrams, YF-23, F-16 fighting eagle.

10. Olahraga. Singkat padat jelas, bermain sport di PC atau konsol anda. Contoh: Winning Eleven, NBA, FIFA, Tony hawk pro skater, dll.

KATEGORI-KATEGORI LAINNYA :

1. Multiplayer Online. contohnya: DOTA, PB, Ragnarok dll.

2. Casual games. Contoh: Diner Dash, Sally Salon, Bejeweled, Zuma, Feeding Frenzy, Insaniquarium.

3. Edugames. Contoh: Dora the explorer, Petualangan Billy dan Tracy.

4. Advergames. jenis game yang biasanya mudah dimainkan ini mengusung dan menampilkan produk atau brand  Contoh produk di indonesia yang membuat advergames: A-Mild, Rexona teens, Axe

C. SOFTWARE PEMBUAT GAMES

Game Flash

0. Scratch
1. AlbinoBlackSheep
2. FlashKit
3. Kirupa
4. Lassie Adventure Studio
5. Sploder

Membuat Game Standar

6. Anim8or
7. Byond
8. Game Discovery
9. Martin Piecyk’s Website
10. VGMusic
11. Visionaire2d
12. YoYoGames

Membuat Game RPG

13. Charas-Project
14. CrankEye
15. DualSolace
16. FreeMMORPGMaker
17. PhanxGames
18. PlayerWorlds
19. RPG Maker
20. RPGCrisis
21. RPG Revolution

D. PROSPEK BISNIS GAME ONLINE

Bisnis game online masih menjanjikan. contohnya dari Gembinet menawarkan kemitraan usaha. Paket investasinya mulai Rp 240 juta - Rp 310 juta. Omzetnya ditargetkan Rp 30 juta - Rp 90 juta per bulan. Dengan laba 15% - 40%, mitra bisa balik modal dalam dua tahun.

Pasar game online di dalam negeri tumbuh pesat.

Anda tertarik bermitra? Gembinet menyediakan lima paket investasi. Yang membedakan setiap paket adalah jumlah personal computer (PC) yang diberikan kepada mitra usaha. Paket 20 PC, investasinya senilai Rp 240 juta, paket 25 PC Rp 250 juta, paket 30 PC Rp 270 juta, paket 35 PC Rp 290 juta, dan paket 40 PC sebesar Rp 310 juta.

Selain PC, paket juga sudah termasuk server komputer satu unit, pendingin udara (AC) empat unit, meja, kursi, tower internet, PC router, dan jaringan instalasi listrik. Mitra juga mendapat dua printer untuk jasa print.

Omzet mitra sebulan berkisar Rp 30 juta sampai Rp 90 juta. Dengan catatan, mitra beroperasi 24 jam penuh. Untuk itu, mitra harus membagi waktu kerja menjadi tiga shift. Adapun laba usaha mulai 15% - 40%. Dengan laba itu mitra bisa balik modal dalam 1,5 tahun hingga dua tahun.

E. GAME FAVORIT ADMIN

1. DoTa
DoTa game yang sangat populer dikalangan remaja, game bergenre perang ini memiliki banyak karakter perang, yang nantinya untuk dipilih sebagai hero jagoan anda. DoTa juga sering dijadikan ajang kompetisi.





2. PES (Pro Evolution Soccer)
Game yang sangat populer di kalangan laki-laki, walaupun ada juga wanita yang menggemarinya, siapa yang tidak tahu? bahkan sering dijadikan ajang kompetisi, ini merupakan game permainan sepak bola.
3. GTA (Grand Theft Auto)
Game ini populer ketika hadirnya Play Station 2, game yang berceritakan tentang kehidupan seorang yang masuk ke dalam geng yang akan melakukan berbagai misi.





Referensi: semuatanya tanggal akses 19-3-2014

2 komentar:

Thanks For Your Comment !! ^^:LC

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...