Pengertian IT Menurut LC dan Seputar IT pada Masyarakat

Minggu, 20 November 2011

Pengertian IT Menurut LC dan Seputar IT pada Masyarakat


Assalamualaikum Wr.Wb
Kembali lagi ke postingan terbaru LC . . . sebenarnya ini tulisan yang berhubungan dengan tugas admin pada mata kuliah Sosial Dasar , disini admin akan mengupas peranan bidang IT yang akhir-akhir ini banyak di kenal oleh masyarakat luas khususnya masyarakat Indonesia.


Penulisan artikel ini juga di latar belakangi oleh perkembangan IT yang berkembang pesat pada masyarakat khususnya Indonesia , selain itu juga tulisan ini di buat untuk memenuhi tugas softskill pada salah satu mata kuliah saya.

Tentang IT
Pertama saya akan memberikan penjelasan tentang apa itu IT .. IT disini memiliki kepanjangan “information technology” . yang biasa di sebut IT oleh masyarakat luas IT juga biasa di sebut dengan istilah InfoTech . IT jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu TI ( teknologi Informasi ) di Indonesia juga punya sebutan tersendiri yaitu dengan sebutan Telematika.

Sebenarnya kalau kita salah-salah tanggap mengenai IT ini akan berbeda artinya , TI , TI juga banyak artinya bisa Teknologi Informasi , Teknik Informatika , Teknik Industri ,dll.

Jika kita sudah membicarakan mengenai IT ,IT itu tidak ada habisnya, karena istilah ini termasuk dalam istilah umum atau istilah meluas  . di dalam IT pun ada berbagai cabangnya lagi yaitu ada yang berhubunagn dengan Programing , Networking , Hardware , Sistem Operasi , dan sebagainya , maka pendapat tiap-tiap orang pun bisa berbeda-beda mengenai pengertian IT sendiri.

Kesimpulannya dari saya ,

IT adalah suatu bentuk teknologi yang di buat oleh manusia dengan berbagai fungsi dan tujuannya yaitu untuk mempermudah proses pengiriman informasi dari si pengirim ke si penerima supaya bisa lebih cepat , relevan , luas dan lama dalam penyimpanan informasi tersebut, yang di gunakan oleh pribadi , kelompok , bisnis pemerintahan dan lainnya.

Itulah Pengertian IT menurut saya , , semoga tidak melenceng terlalu jauh.

IT pada Masyarakat
Perkembangan Dunia IT yang sangat pesat ini juga telah banyak dirasakan oleh masyarakat luas khususnya masyarakat Indonesia. Dengan adanya teknologi ini semua pekerjaan semua informasi yang beredar akan sangat amat cepat dalam penyebarannya, tidak seperti zamah dahulu yang harus menggunakan surat dalam memberikan informasi yang harus memakan waktu dan jarak tempuh , sehingga bisa memakan beberapa hari bahkan minggu untuk tersampaikannya infromasi tersebut.

Teknologi informasi sudah banyak membantu masyarakat seperti dalam pengiriman paket , menelpon ke sanak saudara yang jauh di luar pulau, pencarian informasi dan lain lain.

Teknologi Informasi juga pasti identik dengan Internet , kita semua tahu apapun yang kita cari hampir semua ada di dalam internet , dari hal agama , ilmu pengetahuan , resep-resep masakan , dan kita juga dapat melihat dunia luar dengan mudahnya dalam contoh kita ingin mengetahui apa sih Menara Eifel itu ? kita bisa menggunakan search engine seperti Google , Yahoo ,Dsb . dari sana kita bisa mencari apa saja yang ada di sana , menara eifel terbuat dari apa , kapan tahun pembuatannya , bagaimana proses membuatnya , apabila kita kurang puas dengan membaca sebuah artikel kitapun bisa melihat gambarnya dari internet , ya walaupun tidak dapat melihat secara langsung , tapi kan kita bisa mengetahui dunia luar , mungkin suatu saat nanti ketika kita berkunjung kesana kita sudah tidak canggung lagi dan dapat menikmati liburan kita.

Social Network
Akhir-akhir ini situs social network sangat membuat masyarakat Indonesia tertarik seperti Facebook , Twitter , Google Plus , Koprol , Plurk , Hello , Saling sapa , My Space , Friendster dll.

Social network adalah Suatu Situs yang berfungsi untuk Berkumpulnya teman dalam dunia maya, atau juga berguna untuk memperluas pertemanan , tapi fungsi tersebut sudah berkembang akhir-akhir ini yaitu sebagai media bisnis ,promosi, perdagangan , ilmu pengetahuan , media Spiritual , dan media motivasi , semua tergantung dari kita dalam memaksimalkan fungsi tersebut kearah yang positif .

Dengan penggunaan secara positif dan memaksimalkan fungsinya kita pun akan merasakan manfaatnya .
Dari keunggulan dunia IT ini pun pasti ada juga dampak buruknya yakni,


  • -          Seseorang akan menjadi pribadi yang pasif atau pemalas
  • -          Kurangnya Sosialisasi
  • -          Fikiran kotor anak usia dini
  • -          Sebagai Media Fitnah , caci maki dan Sara
  • -          Dapat menghancurkan moral dan akidah
  • -          Sulitnya menentukan kebenaran informasi
  • -          Hilangnya penghargaan atas nilai seseorang sebagai individu
  • -          Stress yang ditimbulkan oleh penggunaan peralatan dan aplikasi berbasis TIK
  • -          Kesehatan menurun akibat Radiasi
  • -          Mengganggu Privacy
  • -          Terjadinya Penyalahgunaan

Atau menurut sumber ini

1.      Informasi anxiety ( Kebanyakan informasi )
2.      Dehumanization
3.      Health Issues
4.      Lost of Privacy
5.      Cookies
6.      Digital GAP
7.      Possible Massive Unemployment
8.      Impact of Globalization On Culture

Dari sederet Dampak Negatif dari adanya teknologi informasi ini bukan berarti selalu berdampak buruk , disini admin hanya mengingatkan apa yang akan terjadi apabila pemakaian yang berlebihan.
Maka dari itu kita sebagai manusia yang cerdas kita harus bisa menghindari dampak negatifnya dan mengambil hal positifnya supaya hidup kita tetap dalam batasan-batasan yang wajar dan tidak mengganggu orang banyak

Sekian dulu yah tulisan kali ini , lumayan cape juga ngetiknya, semoga dengan adanya artikel yang saya buat ini dapat menambah pengatahuan dari teman–teman pembaca sekalian
Wabillahitaufik walhidayah wasalamualaikum Wr Wb. :^^


Tugas : Sosial Dasar ( Purwanto Joko Slameto )

1 komentar:

Thanks For Your Comment !! ^^:LC

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...