Pentingnya Sosialisasi ( SoftSkill ) + Story

Senin, 28 November 2011

Pentingnya Sosialisasi ( SoftSkill ) + Story


Sosialisasi .. kata ini sangat berhubungan dengan masyarakat .. Latar Belakang admin mengangkat judul ini dikarenakan admin memiliki pengalaman menjadi orang yang merasa jauh dari rasa sosial dan akibatnya .. tulisan ini sekaligus di tujukan untuk tugas softskill sosial dasar
Pertama admin akan memberikan penerangan sedikit mengenai pengertian sosialisasi: di ambil dari sini

Harton dan Hunt (1987 1989 ) mendefinisikan sosialisasi sebagai proses dimana seseorang internalisasikan norma-norma kelompok tempat hidup,sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik.

Giddens (1994:60) melukiskan proses sosialisasi sebagai sebuah proses yang terjadi ketika seorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melalui tahap demi tahap sampai akhirnya menjadi pribadi yang sadar akan dirinya sendiri pribadi yang berpengetahuan dan terampil akan cara hidupnya dalam kebudayaan tempat iatinggal.

Ritcher JR (1987 : 139) berpendapat bahwa sosialisasi adalah proses seseorang memperoleh pengetahuan,keterampilan dan sikap yang diperlakukannya agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa dan sekaligus sebagai pemeran aktif dalam suatu kedudukan atau peranan tertentu di masyarakat.

Stewart (1985:93) menyatakan bahwa sosialisasiadalah proses orang memperoleh kepercayaan sikap nilaidan kebiasaan dalam kebudayaan. Melalui proses sosialisasiakan tumbuh satu pribadi yang hak karena sifat-sifatkelompok tidak pernah diserap secara sama oleh masing-masing anggota kelompok.

Broom dan Selznic ( 1961 : 79 ) menyatakan bahwa sosialisasi adalah proses membangun atau menanamkan nilai-nilai kelompok pada diri seseorang

Dari pengetian diatas dapat di simpulkan bahwa setiap manusia pasti bersosialisasi , pasti melakukan interaksi antar manusia. pengertian sosialisasi menurut saya yaitu suatu proses dimana seseorang mencari dan menentukan posisinya di dalam masyarakat.

Dari waktu saya kecil saya sudah menjadi orang yang sangat di segani oleh teman teman saya , bahkan oleh tetangga saya disana ,, saya pun tidak mengerti kenapa saya merasa menjadi orang yang di segani , bahkan sampai beranjak dewasa ini .. setiap saya lewat pasti di sambut , di beri salam atau minimal di beri senyuman dan anggukan kepala .. Orang selalu berfikir " jadi orang yang di segani itu enak " , tapi tidak bagi saya , Menurut saya orang yang di segani itu terasa kurang interaksi sosialnya , tidak terpancar keceriaan kebersamaan , dan terasa ada perbedaan dalam diri kita ..
Sampai - Sampai ketika saya SMK pun begitu , teman teman saya selalu bercanda selalu jail  tapi saya sangat jarang kena jail dari teman teman padahal sewaktu jail itu saya ikutan . paling yang berani jail dengan saya hanya orang - orang yang sangat dekat saja ..
Tapi Ketika saya sudah menduduki bangku perkuliahan dan dangan pemikiran yang panjang , saya mulai mencoba merubah diri saya ini , diri saya yang sebelumnya tidak membuat saya nyaman , dan ternyata saya mulai bisa membaur dengannya tanpa terasa adanya perbedaan , tapi tidak semudah itu , tetap saja ada yang terasa segan dengan saya , ya mereka orang-orang yang dalam tanda kutip " negatif " , tapi ada untungnya juga sih , saja jadi terhindar dari pergaulan negatif mereka , ya mungkin ini adalah proses sosialisasi yang saya lakukan ,, janganlah kalian jadi orang yang jauh dari sosial , karena dunia kita itu ada di luar , dunia baru yang harus kita lihat dan rasakan perbedaanya betapa pentingnya jiwa sosial , rasa sosialisasi itu dapat membentuk KARAKTER diri apabila ingin memiliki karakter yang baik maka lakukanlah yang baik-baik jangan lupa berfikir apa yang kita telah lakukan ( INTROSPEKSI DIRI ) , dan semoga kita akan semakin baik di masa-masa yang akan datang , dan jangan lupa Prinsip yang saya junjung tinggi yaitu " BE YOUR SELF " ( Jadilah Diri Sendiri ) .. .. karena dengan jadi diri sendiri akan membuat kita nyaman dengan hidup yang kita jalani. .. ..

Sedikit Poin" tentang tujuan sosialisasi yaitu :
a.Menumbuhkan disiplin
b.Menanamkan aspirasi atau cita-cita
c.Mengajarkan peran-peran sosial dan sikap-sikap penunjangnya. 
d.Mengagarkan keterampilan sebagai persiapan dasar untuk berpartisipasi dalam kehidupan orang dewasa.

Tugas SoftSkill "Purwanto Joko Slameto"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Your Comment !! ^^:LC

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...