Sosial Desain berdasarkan Usia ( anak kecil, pemuda, orang tua)

Minggu, 08 Desember 2013

Sosial Desain berdasarkan Usia ( anak kecil, pemuda, orang tua)


Desain sosial memiliki banyak definisi dan istilah ini untuk tujuan yang sangat berbeda di seluruh dunia. Beberapa definisi yang ada dalam dunia desain dan mengacu pada desain dalam arti tradisional, yang berarti pembentukan produk dan jasa. Definisi lain mengacu pada desain sosial sebagai penciptaan realitas sosial, desain dari dunia sosial.
Ketika kita ingin memberikan atau membuat desain untuk tingkatan usia tertentu, maka pastinya tidak bisa disamakan, tentunya mereka semua memiliki perbedaan minat dan kebutuhan masing masing.
Maka dari itu, Sosial desain terbentuk hingga beberapa tingkat pengguna berdasarkan usia, yaitu:
  1. Anak kecil
  2. Pemuda
  3. Orang tua
  • Anak kecil
Anak kecil cenderung lebih tertarik kepada hal-hal yang lucu, menarik, dan simple. dari kriteria yang diinginkan seorang anak kecil tersebut kita sudah bisa menentukan desain seperti apa yang akan kita buat untuk seorang anak kecil.
    • Untuk Desain
      • Berdasarkan gender anak kecil bisaa saja berbeda minat, misal seorang anak perempuan lebih suka karakter boneka, dan seorang anak laki-laki lebih suka karakter robot.
    • Untuk Warna
      • Namun untuk warna anak kecil tidak terlalu memikirkan warna berdasarkan gendernya, namun kembali pada dasarnya yang perempuan lebih senang warna yang smooth, dan laki-laki suka warna yang lebih mencerminkan karakter terang.  
  •  Pemuda 
Seorang pemuda mulai mengerti trend pada zamannya, pada umumnya mereka selalu ingin mengikuti perkembangan desain terkini, contoh ketika pada masanya blackberry berjaya mereka semua membelinya, dan sekarang ketika android, maka android yang menjadi pegangannya.
Kalau untuk warna, laki-laki lebih suka memilih warna yang berkarakter kuat, dan perempuan lebih suka warna-warna yang lembut, namun perbedaannya dengan anak kecil, seorang perempuan sudah mulai menyukai warna yang mencolok.
  • Orang tua
Nah kalau orang tua ini biasanya sudah mulai tidak peduli dengan desain dan warna, mereka lebih memilih kenyamanan terhadap mereka, seperti contoh orang yang tua lebih memilih desain yang mudah dibaca, karena orang yang sudah tua memiliki keterbatasan pengelihatan, sehingga mereka tidak lagi tertarik dengan trend, yang penting mereka bisa dengan mudah membacanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Your Comment !! ^^:LC

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...