Tips Memilih Warna Untuk Grafik

Minggu, 10 November 2013

Tips Memilih Warna Untuk Grafik

Untuk memilih kombinasi warna pada design grafik kita tidak bisa asal-asalan, ada nilai seni di dalamnya, apabila kita dapat memilih kombinasi warna yang baik maka akan bernilai baik terhadap grafik kita.

Sering kali kita melihat website, apalagi blog yang asal-asalan memilih warna, mungkin karena asal copas jadi lah warna background teks dari website sebelumnya terbawa ke blognya sendiri tanpa berusaha memodifikasinya kembali.

ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Konsep Desain

Dengan menentukan Konsepnya maka kita bisa melihat dan memilih warna yang sesuai, apakah ingin memberikan warna cerah, terang, redup, berwarna warni, dan lain-lain. Maka terjemahkan dengan baik konsep yang mau diangkat sehingga akan melahirkan keputusan yang tepat, seperti apabila ingin menggunakan tema produk bayi maka gunakanlah warna yang lembut. 

2. Audiens

Penentuan warna juga harus melihat siapa target audiens kita, karakter setiap orang berbeda-beda, anak kecil, remaja ,dan dewasa bebeda-beda seleranya. penyuka musik pop, rock pun berbeda, yang lebih terlihat adalah apabila target kita penyuka musik rock gunakanlah karakter warna yang kuat, maka gunakan warna hitam atau warna gelap, tidak cocok kalau anda menggunakan warna lembut.

3. Kontras

Tentukan kontras warna yang tepat, pada yang ingin difokuskan gunakanlah karakter warna yang kuat, sehingga bisa dengan mudah berfokus. Level informasi tertinggi diberikan porsi yang paling kuat, dan yang bukan utama diberi kontras yang agak lemah. namun tidak memudarkan warna sehingga terlihat nyaru.

4. Irama

Penggunaan warna akan lebih elegan jika mampu membangun irama yang baik disandingkan dengan ilustrasi, tulisan, dan tata letak. memilih warna tidak hanya sekedar menjadi bagian terpisah dari sebuah karya grafis, melainkan juga merupakan kesatuan irama, pemilihan huruf, ilustrasi dan tata letak. Perhatikanlah elemen yang ada pada grafis kita sehingga jangan sampai menghilangkan makna dari grafis itu sendiri.

berikut ada beberapa website yang bisa di pakai untuk pemilihan warna:
referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Your Comment !! ^^:LC

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...