Kaitan Sebuah Font Dengan Grafik

Kamis, 07 November 2013

Kaitan Sebuah Font Dengan Grafik

Apa sih kaitannya sebuah font dengan grafik (GUI) ?
jawabannya tentu sangat berkaitan, sebuah grafik tanpa font mungkin saja terjadi, namun bisa sedikit menghilangkan keterangan pada grafik.

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai bagaimana cara memilih font yang baik, sekarang bagaimana sebuah grafik bisa tersingkron dengan baik bersama font?

Dalam sebuah grafik interface terdapat pula faktor kenyamanan pembaca ketika berlama-lama di depan sebuah artikel, situs web, bahkan pada gadget mobile kita, menurut admin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  • Hindari penggunaan iklan atau banner gambar yang berlebihan

Sebagai contoh coba lihat pada website detik.com, goal.com menurut admin situs tersebuat terlalu banyak iklannya, ada yang kelap-kelip, ada banner animasi dsb sehingga membuat para pembaca terganggu fokusnya pada artikel yang ingin dibaca.

Lalu bandingkan dengan google.com, isinya apa sih ? cuma link dan deskripsi singkat dari link tersebut, tapi kenapa kita bisa nyaman dengan google? kenapa kita selalu mengunjungi google ? mungkin karena kesimpelannya maka kita bisa fokus terhadap yang kita baca.
  • Atur sedemikian rupa posisi teks atau tulisan
Maksudnya adalah gunakan ukuran teks yang sesuai, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, gunakan line spacing yang sesuai pula supaya kita nyaman membacanya, gunakan enter ditiap paragrafnya akan memberikan kenyamanan lebih untuk pembaca. 
  • Pahami kebiasaan user
Kalau ini saya maksudkan untuk gadget, seperti contohnya Blackberry melakukan penelitian bagaimana orang asia mengetik di handphone, maka hasil dari riset mereka adalah menggunakan keypad qwerty di setiap produknya.

Lalu bagaimana I-phone dan pruduk ber OS android menggunakan teknologi touchscreen? dan pada OS nya kita bisa memilih keypad qwerty atau yang model lama. itu semua bisa diketahui dengan melakukan riset.
  • Apabila ada iklan atur penempatannya
Nah pernyataan diatas bukan berarti tidak boleh ada iklan pada web, itu mungkin  bisa jadi nilai komersil untuk kita, namun perhatikan posisinya jangan mengganggu pengunjung situs, apalagi iklan yang berupa pop-up yang harus kita tutup dulu iklannya baru bisa baca artikelnya, yang seperti itu paling-paling hanya 5% orang yang memperhatikan iklannya, sisanya cari tombol close lalu mengkliknya tanpa mempedulikan iklan.
  • Atur pula konten di dalamnya
Atur konten disini berarti sebisa mungkin kita atur posisi dimana artikelnya, judulnya, headernya, iklannya, gambarnya, flashnya dsb , jangan sampai pengunjung merasa tidak nyaman dengan situs kita.

Jadi intinya bagaimana user mendapatkan rasa nyaman berlama-lama di website kita.

Demikian tulisan singkat saya ini, semoga bermanfaat bagi pembaca, artikel ini juga menjadi bahan instrospeksi terhadap blog ini. terimakasih salam ^^:LC

referensi gambar www.colourbox.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Your Comment !! ^^:LC

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...