Pemasaran dan Aspek Pemasaran

Minggu, 12 Oktober 2014

Pemasaran dan Aspek Pemasaran

A.    Definisi Pemasaran
Menurut AMA (American Marketing Association) “Pemasaran adalah proses perencanaan dan penerapan konsepsi, penetapan harga dan distribusi barang, jasa dan ide untuk mewujudkan pertukaran yang memenuhi tujuan individu atau organisasi”.
Jadi bisa diartikan bahwa pemasaran itu suatu perencanaan dan tujuan untuk mencapai suatu target penjualan.
      B.     Strategi pemasaran
yaitu suatu cara dalam memasarkan untuk mencapai hasil yang maksimal.
Langkah langkah dalam stategi pemasaran:
a)      Menentukan pasar sasaran
b)      Menciptakan bauran pemasaran
c)      Perencanaan pasar yang strategis

      C.    Perencanaan Pemasaran
Merupakan suatu proses dalam menentukan keinginan dari pasar seperti melakukan riset pasar dll. Yang biasanya diperhatikan antara lain:
  1. Riset Pemasaran
  2. Riset Penjualan
  3. Sistem Informasi Pemasaran
  4. Peramalan Penjualan
  5. Rencana Pemasaran
  6. Evaluasi

  1. Produk
Pengertian simpelnya, produk Adalah sesuatu yang dapat ditawarkan kepada konsumen.
Produk dibagi menjadi 2, yaitu :
1.      Produk Konsumen, Produk yang dibuat untuk keperluan rumah tangga konsumen.
2.      Produk Perusahaan atau Produk Industri, Barang yang digunakan untuk diolah kembali menjadi produk lain atau untuk penyediaan jasa dalam perusahaan.
Contoh : Bahan mentah, bahan manufaktur, instalasi, perlengkapan operasi dan alat bantu.
Daur Hidup Produk
  • Pengembangan Produk, dilakukan ketika ingin mengembangkan produk baru.
  • Pengenalan, pada masa ini cukup lama, karena tergantung proses promosi kepada pembeli.
  • Pertumbuhan, pada masa ini penjualan meningkat dan keuntungan bertambah.
  • Kematangan, pertumbuhan penjualan mulai terhenti karena sudah sampai ke titik puncak.
  • Penurunan, dan ini tahap dimana penjualan menurun sangat tajam.
Dasar Penetapan Harga
  • Faktor Internal,
Faktor yang mempengaruhi harga meliputi tujuan pemasaran, strategi pemasaran dan biaya.
  • Faktor Eksternal
Faktor yang mempengaruhi harga meliputi pasar dan permintaan, serta persepsi konsumen terhadap harga dan nilai.

Tujuan Penetapan Harga
  • Orientasi laba :
1. Mencapai target laba
2. Meningkatakan laba
  • Orientasi penjualan :
1. Meningkatkan volume penjualan
2. Mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar

  1. Segmentasi dan Target Pasar
Melalui segmentasi pasar, perusahaan dapat membagi pangsa pasar yang luas menjadi lebih kecil sehingga dapat dilayani lebih efisien.
Beberapa dasar segmentasi pasar:
  • Segmentasi geografi
    • Wilayah
    • Ukuran kota
    • Iklim, dll
  • Segmentasi demografi
    • Usia
    • Jenis kelamin
    • Ukuran keluarga
    • Agama
    • Pendidikan
    • Pekerjaan
    • Ras
    • Kelas sosial, dll
  • Segmentasi psikografi
    • Gaya hidup
    • Kepribadian
  • Segmentasi perilaku
    • Tingkat pemakaian
    • Kesetiaan pemakai
    • Kesiapan pembeli
    • Sikap terhadapt produk, dll
  1. Distribusi
Adalah proses pengiriman dengan cara dan sarana dari produsen, baik perseorangan atau perusahaan, kepada konsumen.
Ada beberapa cara penyaluran atau distribusi:
·         Saluran distribusi produk konsumen
1. Produsen - Konsumen
2. Produsen - Pengecer - Konsumen
3. Produsen - Grosir - Pengecer - Konsumen
4. Produsen - Agen - Pengecer - Konsumen
5. Produsen - Agen - Grosir - Pengecer - Konsumen
·         Saluran distribusi jasa :
1. Produsen - Konsumen
2. Produsen - Agen - Konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Your Comment !! ^^:LC

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...