Deskripsi Layer TCP/IP

Kamis, 12 September 2013

Deskripsi Layer TCP/IP

Application Layer
Layer Aplikasi pada TCP/IP hampir sama cara kerjanya dengan layer aplikasi pada OSI., Hanya saja layer aplikasi pada TCP/IP bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. Protocol lapisan aplikasi mencakup protocol DHCP, DNS, HTTP, SMTP dan lainnya.

Transport Layer
Layer Transport pada TCP/IP berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection oriented dan connectionless oriented. Protocol dalam lapisan ini adalah:

-TCP (Transfer Control Protocol): merupakan protokol yang bersifat connection oriented, karna memiliki ack/acknowledgement yang merupakan laporan dari penerima kepada pengirim bahwa data telah diterima. Namun protocol ini lambat.
-UDP (User Datagram Protocol): protocol ini merupakan kebalikan dari TCP, UDP memiliki sifat connectionless oriented yang berarti UDP tidak memiliki ack, ketiadaan ack justru membuat UDP lebih cepat.

Internet Layer
Layer Internet memiliki tanggung jawab yang sma dengan Network Layer pada lapisan OSI, yaitu  untuk melakukan pemetaan dan enkapsulasi paket data jaringan menjadi paket-paket IP. Protocol yang bekerja pada lapisan ini adalah internet protocol (IP), Address Resolution Protocol (ARP) dan lainnya.

Network Access Layer
Network Layer pada TCP/IP sebagai pengganti layer data link dan physical yang terdapat pada lapisan OSI, yaitu bertanggung jawab meletakan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Your Comment !! ^^:LC

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...