New Media Pada Bidang Sosial Media, Edukasi, Hiburan, dan Informasi

Minggu, 21 Oktober 2012

New Media Pada Bidang Sosial Media, Edukasi, Hiburan, dan Informasi

New Media di dunia internet ini sudah sangat banyak, dan kategorinyapun beragam, namun disini saya mengambil 4 bidang new media yang ada di internet yaitu:

  • Bidang Media Sosial
  • Bidang Edukasi
  • Bidang Hiburan
  • Bidang Informasi
oke langsung saja kita masuk ke pembahasan yang pertama yaitu tentang "Media Sosial"

Bidang Media Sosial
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Nah disini saya akan mengambil jejaring sosialnya , kenapa ? karena di jejaring sosial ini kita sangat terasa bersosialisasinya melalui dunia maya, dan yang saya ambil adalah Facebook.
Facebook 
Facebook adalah media sosial yang memudahkan kita terhubung dengan teman kerabat bahkan siapapun di seluruh dunia, apabila kita dapat memanfaatkan fitur dari facebook ini maka kita bisa menjadi manusia yang cerdas dan informatif.
Sejarah singkat mengenai facebook
Social networking ini baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Mark Elliot Zuckerberg atau Mark Zuckerberg lahir lahir pada 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Amerika Serikat (AS).
Facebook adalah perusahaan unik. para eksekutif dan petingginya masih berusia muda, antara 24 tahun-37 tahun. Markas besar Facebook lebih mirip asrama mahasiswa. Para pegawai, yang setiap hari mendapat jatah makan gratis, bekerja sambil melakukan kegiatan favoritnya. Zuckerberg mengaku ogah suasana kantor yang terlalu formal.
Dibalik manfaatnya facebook pasti mempunyai kekurangannya, semua yang baik belum tentu selamanya baik, betul tidak ? hahaha , langsung deh!

Dampak Positif 

  • Mempererat silaturahmi, Ya, mungkin ini adalah kegunaan dari facebook yang paling bisa kita rasakan. Bahkan dengan facebook, kita bisa menemukan kembali orang - orang yang pernah kita kenal di masa lalu.
  • Mengetahui potensi diri, Dalam facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa sih kita sebenarnya. Namun, kita juga harus tetap waspada, sebagian kuis yang terdapat dalam facebook mengandung unsur - unsur ramalan, dan sudah tentu anda paham bahwa percaya pada ramalan merupakan sebuah kesyirikan, dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah ta'ala :D.
  • Media promosi, Jelas facebook bisa digunakan sebagai media promosi, entah itu mempromosikan produk, jasa, instansi, atau hal lain. Bahkan, pada saat pemilu legislatif kemarin, sebagian caleg juga menggunakan facebook untuk media kampanyenya.
  • Sarana diskusi, Di facebook kita bisa bergabung dengan berbagai komunitas / grup.
  • Tempat curhat, Hmmm yang ini mungkin bisa juga, kalau kita lagi dapet masalah, kita tinggal mengupdate status facebook kita dengan masalah yang sedang kita hadapi, ntar kalau ada orang yang peduli, pasti orang tersebut bakal memberi komen yang isinya mungkin cuma sekedar memberi semangat atau bahkan memberikan alternatif untuk menyelesaikan masalah. Tapi tempat curhat terbaik tetap, Allah swt, yang bisa menunjukkan jalan keluar atas setiap masalah yang kita hadapi. Betul ??? hehe.

Dampak Negatif 

  • Lebih banyak waktu kita yang terbuang sia - sia untuk hal yang kurang bermanfaat Apa lagi kalau sudah kena sindrom facebookholic alias kecanduan.
  • Boros duit, Hmm yang ini tentu tidak bisa dihindari, apalagi yang facebookannya pakai hape, lagi seneng - seneng facebookan, eh tau-tau pulsanya sekarat ( Pengalaman pribadi, hehe ).
  • Malas belajar, mengerjakan tugas atau pekerjaan yang seharusnya kita kerjakan, La wong facebookan terus, akibatnya secara tidak langsung, kita mengalami apa yang namanya... pembodohan yang menyenangkan.
  • Memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas, Ya namanya juga dunia maya, dunia tanpa batas, seseorang bisa menjelma menjadi siapa saja dan berbuat apa saja, baik atau buruk.



Bidang Edukasi
New Media Edukasi memastikan kita bisa mendapatkan berbagai ilmu pendidikan dunia pelajar, mahasiswa, maupun umum seperti yang dicontohkan oleh situs wikipedia. Mari kita bahas tentang wikipedia.
Wikipedia
Wikipedia (pengucapan: wɪkɨˈpiːdiə/ atau wɪkiˈpiːdiə/ atau wik-i-pee-dee-ə atau wi·ki·pæ·di·a atau wi·ki·pi·di·a) adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet. Proyek Wikipedia bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan manusia.

Dampak Positif
    untuk dampak positif dan negatif dari wikipedia ini berdasarkan pengalaman saya , jadi tidak ada referensi untuk hal ini.
  • Makin Pintar, ya tentu saja, namanya juga media bidang edukasi, isinya tentang ilmu pengetahuan hampir semuanya ada disana, dari yang bersifat pengetahuan umum maupun pelajaran sekolah.
  • Mudah Dicari, dengan adanya situs ensiklopedi bebas ini maka sangat mudah untuk kita mencari referensi, hanya dengan masuk ke situs wikipedia lalu masukkan kata kunci, maka muncul artikel yg kita inginkan.
  • Tidak Perlu membolak-balikkan kertas buku , karena artikel yang kita cari langsung masuk ke halaman yang kita inginkan.
  • Murah, dalam segi biaya tentunya lebih murah dibanding dengan kita jalan ke Perpustakaan / toko buku yang harus mengeluarkan ongkos, bahkan biaya untuk membeli atau meminjam buku, kalau di wikipedia hanya bermodalkan koneksi internet saja kita sudah bisa membaca artikelnya.
 Dampak Negatif

  • Masih banyak artikel yang belum terseleksi kebenarannya, sehingga masih banyak yang harus dilakukan pemeriksaan kebenarannya.
  • Perpustakaan jadi sepi, ya tentu saja dengan adanya dunia digital ini semua akan terasa mudah dengan informasi yang ada di dunia maya, apalagi sumber ilmu sudah banyak yg masuk dunia maya.

Bidang Hiburan
Dari namanya saja pasti kita sudah tau bisang ini ditujukan sebagai hiburan tentunya hiburan di dunia digital, ya beda kan hiburan didunia digital dengan di dunia nyata hahaha. untuk new media hiburan ini saya ambil game, supaya lebih spesifik lagi saya ambil game POINT BLANK.
Point Blank
PB, ya itulah nama singkat yang popular untuk game online point blank. Sekarang ini permainan komputer ber-genre FPS yang dimainkan secara online ini (Point Blank Online) sangat digemari masyarakat dunia, mulai dari kalangan anak-anak, remaja dan bahkan orang tua. Dalam catatan sejarah, asal usul permainan PB dipublikasikan oleh NCSoft yang dikembangkan oleh Zepetto dari Kore Selatan. Selain Korea Selatan, permainan point blank mempunyai server sendiri di Thailand, Rusia, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri game point blank dikelola oleh PT. Kreon melalui Gemscool. Point Blank berkisah tentang perseteruan antara Free Rebels dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Counter Terrorist Force(CT-Force).


Dampak Positif
  • Hiburan, ya tentu saja apabila digunakan untuk hiburan semata maka ini akan berdampak baik
  • Melatih gerakan jari pada keyboard, tentu saja yang sering main game keahlian jarinya di keyboard tidak diragukan lagi, secara tidak langsung itu membuat keahlian mengetik pada dirinya.
  • Ahli berstrategi, tidak bisa dipungkiri walaupun hanya game tapi ini juga bisa melatih kita berstrategi, karena game ini juga didesign hingga mirip dengan yang aslinya.

Dampak Negatif
  • Pemborosan Biaya, Bayangkan, untuk bisa hebat bermain PB rasanya mustahil jika cuma bisa mengandalkan senjata gratisan yang disediakan oleh pengembang oleh karena itu, PB juga menyediakan senjata dan character yang bisa dibeli dengan cash dalam bentuk voucher dengan kisaran harga Rp.10.000 sampai Rp.300.000.
  • Pemborosan Waktu & Tenaga, Seperti dalam kepolisian atau tentara, PB juga mengenal sistem pangkat. Untuk bisa naik pangkat, seorang pemain harus mengumpulkan sejumlah experience. Semakin tinggi pangkatnya, maka akan semakin tinggi pula exp yang harus dikumpulkan. Artinya, akan semakin lama pula seorang troopers memainkan karakternya.
  • Kata-Kata Kasar, disadari atau tidak, Hal ini mungkin diakibatkan karena sang pemain terbawa emosi ketika karakternya mati atau kalah. Bayangkan jika anak2 SD sudah mengenal kata2 anj**g, ba*i dan lain-lainnya yang belum sepantasnya diucapkan walaupun itu mungkin cuma lewa tulisan.
  • Melatih Ketidakjujuran, Prinsipnya, buat apa mencari jalan yang sulit kalau ada jalan yang lebih mudah dan singkat. Dan jawabannya adalah dengan menggunakan program ilegal, dengan menggunakan program ilegal seseorang bisa menaikkan pangkatnya setinggi mungkin dalam hitungan jam, bandingkan dengan cara jujur yang membutuhkan waktu berbulan-bulan. Belum lagi cheat-cheat lainnya.

Bidang Informasi
Nah bidang informasi ini biasanya situs-situs yang menyediakan berita berita baru yang terupdate , untuk new media bidang informasi ini saya akan ambil contoh yaitu Yahoo! 
Yahoo!
Yahoo! Inc. (NASDAQ: YHOO) adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat. Menurut sumber berita, sekitar 700 juta orang mengunjungi situs-situs Yahoo! setiap bulannya.Yahoo! sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menarik "lebih dari setengah miliar pengunjung setiap bulannya ke situs-situsnya yang memiliki 30 bahasa."
sebenarnya yahoo tidak hanya menyediakan informasi bagi pembacanya, yahoo mempunyai banyak fitus yang sudah banyak disebutkan diatas.

Dampak Positif
referensi pengalaman pribadi
  • Banyak informasi baru yang didapat dari Yahoo! artikel. Seperti informasi berita, gaya hidup, hiburan, sosial, pemerintahan, selebritis dll, semua bidang informasi dimuat di yahoo.
  • Menjadikan manusia yang update perkembangan zaman dan informasi.
  • Tentu saja biaya murah untuk mendapatkan informasi, ketimbang kita harus beli majalah atau koran, yang sedikin membuat pusing dalam membacanya hehehe.
Dampak Negatif
  • Masih banyak tulisan di yahoo indonesia yang melakukan copy paste dari yahoo.com nya, sehingga sering terjadi salah translate pada artikel dan akibatnya bisa ke kesalahan informasi yang sampai ke kita.
  • masih banyak informasi yang berupa opini, atau juga yang masih dalam tahap penelitian, sehingga kita tidak tahu tingkat kebenaran seperti apa.
Referensi (akses tanggal 21 oktober 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Your Comment !! ^^:LC

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...