Teknologi Internet dan New Media

Minggu, 30 September 2012

Teknologi Internet dan New Media


Definisi

Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).
Media baru (New Media) adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat
dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.

Dampak Teknologi Internet dan New Media
  • Dampak positif atau kegunaannya sebagai berikut:
  1. Akses informasi dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
  2. Sebagai Media transaksi jual beli
  3. Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll
  4. Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
  5. Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis
  6. Optimasi Pencarian Informasi melalui Search Engine
  7. Dan juga sebagai sarana sosial
  • Dampak negatif atau kekurangannya yaitu sebagai berikut:
  1. Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.
  2. Virus. Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
  3. Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring social.
  4. Manusia cenderung malas
  5. Virus
Komponen New Media
  •       Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.

Aplikasi New Media

  1. Facebook ( Sebagai media baru untuk dunia sosial )
  2. YouTube ( Sebagai media baru untuk dunia hiburan dan video sharing )
  3. WikiPedia ( Sebagai media baru untuk dunia pendidikan / ilmu pengetahuan )
Referensi (akses tanggal 29 September )


1 komentar:

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

    BalasHapus

Thanks For Your Comment !! ^^:LC

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...