Android Gulingkan Symbian di Asia

Kamis, 25 November 2010

Android Gulingkan Symbian di Asia



Sistem Operasi Mobile Android terus menunjukkan tajinya. Setelah jadi smartphone terlaris di Amerika Serikat, sepak terjang platform besutan Google itu kini diklaim meruntuhkan hegemoni Symbian di wilayah Asia.

Menurut data dari biro riset Gfk yang dilansir CellularNews dan dikutip detikINET, Kamis (25/11/2010), pada kuartal tiga 2010 Android berhasil mengungguli Symbian di Asia.

"Laporan Q3 kami menunjukkan bahwa Android melampaui Symbian sebagai OS smartphone terpopuler dalam konteks Asia secara keseluruhan, baik dalam nilai penjualan maupun jumlah unit terjual," ucap Gerrad Tan, Regional Account Director for Telecommunications GfK Asia.

Namun ada catatan khusus dari Tan soal tren di wilayah Asia Tenggara, di mana Symbian masih jadi pemimpin. Meski demikian menurut Gfk, penjualan handset Symbian di area ini memperlihatkan tren penurunan.

Dikutip dari Reuters, Gfk melakukan survei di beberapa negara sebagai dasar laporannya ini. Indonesia termasuk negara yang disurvei, di samping Hong Kong, Makau, Korea Selatan, Taiwan, Kamboja, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Tidak disertakannya negara besar Asia seperti India dan China dalam riset Gfk bukan berarti kesahihan Android sebagai OS terpopuler menjadi diragukan. Setidaknya demikian pendapat Ben Wood, analis dari CSS Insight.

"Kami mencatat adopsi cepat perangkat Android murah di India dan handset Android dari China Mobile juga tengah mendapatkan momentum," cetus Wood.

Secara global, Android memang masih kalah dari Symbian dan menduduki posisi kedua. Namun peningkatannya yang pesat membuat para analis yakin tinggal menunggu waktu si 'robot hijau' mengalahkan Symbian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Your Comment !! ^^:LC

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...