RAMBUS DRAM

Rabu, 17 Maret 2010

RAMBUS DRAM

Rambus Menawarkan Teknologi dan Arsitektur DRAM Dengan Kecepatan Hingga 3.2GHz Print E-mail
Wednesday, 27 May 2009


ImageMendengar nama Rambus, Anda pasti teringat RDRAM, produk DRAM high performance buatan Rambus di awal tahun 2000 silam. Saat itu RDRAM mampu mengungguli performa SDRAM namun menjadi tidak populer karena harganya yang mahal, panas, latency yang tinggi serta proses produksi yang kompleks dan mahal. Kali ini Rambus hadir dengan tawaran teknologi dan arsitektur RAM terbarunya yang di-klaim mampu berjalan hingga clock 3.2GHz dengan throughput yang lebih efektif, efisiensi daya dan peningkatan kapasitas memori yang tinggi. Rambus XDR dan XDR2

Hingga saat ini Rambus masih memproduksi DRAM seri XDR dan XDR2 DRAM. Kedua seri DRAM Rambus ini memiliki performa yang mengagumkan dari segi memory bandwidth. Rambus XDR DRAM saja mampu memberikan bandiwdth hingga 25,6GB/s - bahkan diatas 'world record' memory bandwidth Dominator GT DDR3 2533Mhz (overclocked) yang 'hanya' berkisar 20GB/s. Sementara Rambus XDR2 di-klaim memiliki memory bandwidth (per device) dua kali lebih besar dengan daya 30% lebih rendah dibandingkan sistem yang menggunakan GDDR5. Memory bandwidth XDR2 sendiri mencapai 38,4GB/s dengan rencana hingga 50GB/s dalam roadmap Rambus.

Integrated Memory Controller

Beberapa feature unggulan arsitektur memori seri XDR antara lain XMC logical memory controller (integrated) yang didukung oleh Dynamic Point-to-Point signal integrity. Feature ini berguna dalam hal peningkatan kapasitas memori di kemudian hari tanpa harus mengorbankan performa. Teknologi FlexPhase memberikan data rates lebih tinggi dibanding teknologi strobing yang digunakan pada DDR3.

NearGround Signaling mampu mengurangi daya yang digunakan I/O pada performa maksimal, memungkinkan voltase operasi yang minim sebesar 0.5v dengan signal integrity yang stabil. Module threading memberikan peningkatan efisiensi memori dan mengurangi DRAM core power yang dengan kombinasi Near Ground Signaling dan FlexClocking mampu mengurangi konsumi daya memori dan sistem hingga 40%.

Menarik untuk disimak apakah Intel tertarik untuk menggunakan teknologi arsitektur memori seri XDR untuk mendukung seri Core Intel yang saat ini memiliki integrated memory controller (IMC) on-die.

Source: Xbitlabs News, www.rambus.com

Author : Djuneardy

1 komentar:

Thanks For Your Comment !! ^^:LC

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...